Monday, November 29, 2010

Home Sweet Home

Sentuhan Modern Penuh Kehangatan
Image
            Tatanan interior didukung komposisi warna dan pilihan elemen pendukung yang tepat, menciptakan kenyamanan yang maksimal pada rumah ini. Desain ruang tampil modern namun penuh kehangatan, lewat pilihan warna dan eksplorasi material.
             Kenyamanan dalam sebuah hunian, ditentukan oleh banyak faktor. Mmulai dari lingkungan, desain arsitektural, hingga tatanan interior di dalamnya. Idealnya, ketiga faktor tersebut dapat saling bersinergi sehingga menciptakan kenyamanan maksimal bagi si penghuni.
             Rumah berlantai dua seluas 418 m² ini contohnya. Lokasinya yang terletak di lingkungan asri dan hijau, menjadi nilai tambah rumah yang terletak di bilangan Jakarta Barat ini. Kondisi ini nampaknya dipahami benar oleh sang desainer interior, dari MmGA Interior. Potensi lingkungan tidak disia-siakan, justru dimanfaatkan secara maksimal. Hhal itu terlihat dalam penataan ruang, yang terlihat menyatu dengan kemasan bangunan.
Image             Desain rumah ini mengusung konsep arsitektur tropis , yang salah satunya ditandai dengan penataan ruang yang terorganisir dengan baik, agar tercipta ventilasi silang. Udara dan cahaya alami leluasa masuk ke dalam ruang, sehingga rumah menjadi sehat dan terang. Bukaan-bukaan lebar disediakan untuk mengakomodir kebutuhan udara dan cahaya alami, agar leluasa masuk ke dalam rumah. Tterdapat juga innercourt di bagian samping rumah, sehingga pergerakan udara dapat terjadi secara maksimal.
             Seolah mendukung konsep bangunan dan lingkungannya, tatanan interior rumah ini tampil dengan sentuhan kehangatan lewat warna-warna natural, yang mengekspresikan kenyamanan. Ruangan berdesain modern yang clean dan focus pada tuntutan mewadahi aktifitas, berhasil menciptakan sensasi ruang. Ini semua, terlihat pada sentuhan lebih yang diaplikasikan sang desainer pada elemen ruang dan pengisinya.
KEHANGATAN VISUAL
Image             Ruang keluarga ditampilkan lewat pilihan furnitur, komposisi warna, dan aplikasi panel pada dinding. Ssudut ruangan ditempatkan lampu berdiri warna putih, senada dengan anyaman panel kayu pada dinding di belakang televisi. Panel kayu bergaris mendominasi dinding, dengan dikombinasi panel cermin sebagai peyeimbangnya. Wwarna sofa sengaja dipilih abu-abu, agar berkesan natural dan tidak menyolok.
INNERCOURT
             Yang bersisian dengan ruang makan dan ruang keluarga, langsung terhubung dengan udara luar, membuat pergerakan udara menjadi maksimal. Didesain menarik dengan penempatan kolam ikan dan dek kayu sebagai area bersantai, serta batu koral untuk mempermanis lansekap.
CERMIN
             Yang diaplikasikan sebagai panel dinding membuat ruang berkesan lapang dan terang, kental dengan sentuhan modern.
BIDANG BUKAAN
             Yang lebar dan menghadap ke ruang luar (innercourt), memberi keleluasaan udara dan cahaya alami masuk ke dalam rumah. Di sisi innercourt ditempatkan ruang keluarga dan ruang makan, agar suasana bersantai dan bersantap menjadi lebih menyenangkan.
Image             Dimulai dari area foyer, ruang keluarga, ruang makan hingga ruang tidur, semuanya mendapatkan sentuhan dekoratif yang dirancang dengan detil dan menarik. Ttak hanya pada bagian dinding dan plafon, namun juga pada pilihan furnitur dan soft furnishingnya. Detil ornamen pada beberapa sudut ruangan diperhatikan dengan cermat, misalnya lewat kombinasi tabrak motif, atau penggunaan warna dengan tone senada pada ruang keluarga.
KAMAR TIDUR
            Dalam warna cokelat yang hangat. Panel belakang tempat tidur dilapis wallcover warna senada dalam motif geometris yang lembut . Wwardrobe, mengisi penuh satu sisi dinding dalam warna senada. Dua buah credenza di samping tempat tidur, sisi depannya dilapis kaca cermin motif geometris yang memberi kesan modern.
FOYER
            Sebagai ruang perantara diisi credenza bermotif dengan aksen warna biru, cermin berbingkai kotak serta karpet berbulu untuk mempermanis lantai. Dinding ruangan ditutup wallcover warna cokelat, menciptakan kesan hangat dan elegan. Ssebagai pembatas menuju ruang dalam, digunakan partisi dari bahan plywood dan glass brown. Partisi juga difungsikan sebagai rak pajang aneka aksesoris.
ImageImage 
            Penerapan unsur geometris yang tegas dengan pengayaan pada detil ornamen wallcover dan panel dinding, berhasil menarik perhatian bagi yang memandangnya. Sselain itu, terdapat juga penyeimbang komposisi ruang berupa panel cermin yang menutup dinding ruang keluarga. Aplikasi kaca cermin, membuat ruangan terasa lapang dan kental dengan unsur modern.
           Sebagai pengikat keseluruhan, digunakan dominasi warna-warna tanah semisal cokelat, krem atau abu-abu yang dikombinasi dengan warna putih, sehingga memberi efek lembut, hangat dan elegan pada ruangan. Ssang desainer berhasil mengolah interior dengan komposisi modern, yang memberi kekuatan sekaligus mempercantik tampilan.

0 comments:

 

blogger templates | Make Money Online